Pekanbaru – Bertempat di kantor IPWL Yayasan SatuBumi Pekanbaru Ketua Organisasi KOMWA (Komunikasi Warga) melakukan pertemuan jumpa ramah tamah dalam rangka silahturahmi bersama ketua IPWL yayasan SatuBumi Pekanbaru.

Parwoto darich selaku Penggagas dan sebagai pimpinan organisasi KOMWA propinsi riau mengatakan pertemuan tersebut merupakan langkah strategis guna mengenal kan sekaligus melakukan kolaborasi organisasi KOMWA dengan IPWL yang bergerak dalam bidang rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

“Pertemuan ini merupakan momen silahturahmi dengan Pak Wanton selaku ketua IPWL yayasan SatuBumi, kedepan Organisasi KOMWA tentu nya juga akan turut serta aktif dan bekerjasama guna mendukung program rehabilitasi penyalahgunaan narkoba”, ungkap Parwoto.

Parwoto menambahkan KOMWA adalah basis organisasi yang juga mampu mengakomodir hal – hal yang berkaitan dengan kemaslahatan masyarakat baik dalam bidang sosial, keamanan lingkungan, kebudayaan, agama , pendidikan dan sebagainya namun dikemas dalam bentuk komunikasi melalui alat telekomunikasi khusus, maksud nya adalah Komwa merupakan wadah organisasi swadaya masyarakat yang di bentuk melalui komunikasi khusus.

“Jadi begini setiap pengurus dan anggota yang ingin aktif bergabung didalam organisasi ini kita berikan persyaratan agar dapat menyiapkan alat komunikasi berupa perangkat elektronik HT atau Hand Talky secara pribadi, dimana fungsinya nanti untuk memperluas jangkauan komunikasi informasi kepada sesama anggota dan mempercepat akses informasi jika ada hal hal yang dianggap penting atau situasi darurat guna mengantisipasi hal hal yang dapat mengganggu ketertiban keamanan lingkungan masyarakat, dan kedepannya Komwa juga akan bersinergi dengan institusi aparat pemerintahan seperti Babinkamtibmas, dan sistem seperti ini diharapkan juga mampu mengawasi tindakan bahaya penyalahgunaan narkoba dan tindakan kriminal lain nya”, terang Parwoto.

Berfoto bersama posko piket siaga covid-19 dikelurahan bambu kuning kec.Tenayan raya.

Sementara itu Ketua IPWL Yayasan SatuBumi Wanton, SH, MH, MSi menyambut hangat kunjungan Ketua KOMWA propinsi Riau yang sekaligus juga menjabat sebagai Bendahara salah satu partai politik di kota Pekanbaru tersebut, Wanton mengatakan jamuan ini dapat membantu IPWL yayasan SatuBumi dapat memaksimalkan fungsi nya sebagai institusi untuk program rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.


Suasana keakraban di posko Komwa bersama salah seorang Wakil ketua DPRD Pekanbaru Nofrizal (tengah).

“Saya atas nama pimpinan IPWL yayasan SatuBumi mengucapkan selamat datang kepada Ketua Komwa, dan saya kira sinergi nya jelas agar kedepan mampu dapat bekerjasama dengan IPWL dan RBM karena ketua RBM di kelurahan Rejosari Pekanbaru adalah ketua Komwa pada saat ini, saya juga berharap program rehabilitasi dari IPWL yayasan SatuBumi oleh Komwa dapat mengajak para pemuda untuk jauhi narkoba dan lebih dapat mengisi kegiatan dengan hal hal yg lebih positif”, jelas Wanton.

Diakhir sesi wawancara Parwoto yang juga calon Advokat ini menyampaikan agar pertemuan dengan IPWL Yayasan SatuBumi nanti nya kedepan akan rutin untuk diagenda kan.

“Komwa dan IPWL SatuBumi akan bentuk program yang mampu mendukung satu dengan yang lain nya, dan tentu nya pertemuan pertemuan seperti ini akan rutin kita lakukan”, pungkas diri nya.

Pekanbaru – Bencana Pandemi Covid-19 memberikan berbagai dampak merugikan secara langsung kepada banyak warga masyarakat, sehingga hal tersebut memunculkan kepedulian Yayasan Satu Bumi Peduli (IPWL Satu Bumi) kota Pekanbaru  Provinsi Riau melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat.

Yayasan Satu Bumi  yang berdomisili di Jalan Serasi No. 08 kelurahan Tobek Godang Kota Pekanbaru ini merupakan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan juga sebagai tempat Rehabilitasi pecandu korban penyalahguna Narkoba dibawah naungan Kementrian Sosial Republik  Indonesia turut ambil bagian dalam membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid 19 dengan melakukan  berbagai kegiatan sosial diantaranya pembagian paket sembako, APD bagi petugas rehabilitasi sosial dan tenaga medis serta komunitas terdampak.

Hal tersebut disampaikan oleh Wanton, SH, MH.M.Si  (Ketua IPWL  Satu Bumi) didampingi Ketua Dewan Pembina dr. Uvirda pada saat kegiatan sabtu 07 /06/ 2020.

Wanton menambahkan  kegiatan bakti sosial  tersebut merupakan wujud kepedulian lembaga kepada para petugas rehabilitasi sosial maupun medis  terutama komunitas dimana mereka merupakan ujung tombak dalam melaksanakan tugas ditengah – tengah wabah covid ini, mereka terus menjalankan tugas kemanusian.

“Ini baru tahap pertama tahap kedua nanti  lembaga akan memberikan paket sembako kepada komunitas yang telah didata oleh petugas dan diantarkan langsung kerumah penerima manfaat, karena lebih safety dengan kondisi saat ini” jelas Wanton.

” Kita juga berharap jika ada perusahaan lembaga atau individu sebagai donatur kami siap, IPWL Yayasan Satu Bumi bersedia membantu untuk menyalurkan kepada masyarakat”, pungkasnya.

“Biasa nya mereka (penerima bantuan) enggan menceritakan kesulitan yang dihadapi saat ini biasanya memberikan  bantuan kepada tetangga sekitar karena ada pandemi secara langsung mereka juga terkena dampak bahkan sangat memprihatinkan”, ungkap nya.

“Kegiatan yayasan di masa pandemi ini kita fokuskan dulu pada kegiatan sosial membantu menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat yg terdampak dan tidak mampu,” ungkap dr. Uvirda, selaku Ketua Pembina Yayasan Satu Bumi dan juga menjabat sebagai kepala Puskesmas Simpang Baru Kecamatan Tampan.

Kedepan, harapnya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan, dikarenakan tidak adanya kepastian kapan berakhirnya pandemi ini.

Bu Merlin Pengasuh Yayasan SatuBumi Baju Orange Berikan Sembako Kepada Konselor.

Sementara itu salah satu ketua RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat) Yos Aditya mengatakan, agenda ini bisa berjalan semestinya, dan berharap jika ada donatur yang terketuk pintu hatinya  rutinitas ini bisa per bulan sekali dilaksanakan dan di berkahi oleh yang kuasa.

“Dengan adanya bantuan sosial ini diharapkan semua warga khususnya penerima manfaat yang disantuni berpikir positif bahwa kita hidup tak sendiri. Masih ada orang-orang diluar sana yang sebenarnya juga memikirkan mereka. Terus berjuang demi masa depan,” ungkap Yos.

Foto bersama dengan menjalankan Protokoler Kesehatan.

Salah satu warga dari komunitas binaan IPWL Satu Bumi kelurahan Rejosari  mengucapkan syukur atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan pada kami dan warga yang kurang mampu yang sangat membutuhkan  semoga Allah SWT  berkahi Lembaga ini yang telah memberikan bansos kepada kami,” jelas nya. (Red)

Seorang petugas IPWL Satu Bumi sedang mengikuti Bimbingan Teknis dari Kemensos R.I. seputar penggunaan E-IPWL yang akan diterapkan di awal tahun 2019. 

 

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengundang IPWL Satubumi untuk menjadi pemateri pada Kegiatan Sosialisasi Program Kesehatan Jiwa yang diadakan di aula Dinkes Kota Pekanbaru pada tanggal 10 Desember 2018. 

 

 

 

Kegiatan Family Support Group yang diselengarakan oleh Kemensos RI di Pekanbaru.

 

SDM IPWL Satu Bumi melakukan kunjungan ke RBM Sungai Mintan dan bertemu dengan sekitar 10 orang klien pengguna NAPZA. Dalam kesempatan itu dilakukan juga test urine, asesmen, motivasi dan konseling kelompok.  

 

Petugas IPWL Satu Bumi turut menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh BNN Kota Pekanbaru yakni Sosialisasi Program Rehabilitasi Pasca Rehab yang diselenggarakan pada bulan 5 September 2018.

 

IPWL Satu Bumi Melakukan Kegiatan Tausyiah pada bulan Ramadhan kepada para klien pasca rehab yang pada hari itu mereka sangat serius mendengar Tausyiah yang disampaikan petugas lembaga tersebut.

Team IPWL Satu Bumi Mengadakan Penyuluhan bagi para pelajar yang ada di kota Pekanbaru mengenai NAPZA. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meredam angka penggunaan NAPZA di kalangan pelajar.

 

 

Salah seorang Residen yang telah menjalani rehab jalan di IPWL Satu Bumi, saat ini sudah berhasil pulih dan mengalami perubahan yang positif dan kini dia telah menjadi pengusaha muda yang berdagang pakaian di jalan Garuda Sakti Pekanbaru. 

Kontak Kami IPWL :

Jalan Serasi No. 08 Kel. Delima Kec. Tampan Pekanbaru - Riau

email : badar.ali@satubuminews.com

Mobile :

0812 7411 8032 CP BADAR ALI 

0813 7272 9675 CP: dr.Uvirda